Tuesday 18 July 2017

Hukum Memegang Tongkat bagi Khatib Jum’at

Hukum Memegang Tongkat bagi Khatib Jum’at

Hukum Memegang Tongkat bagi Khatib Jum’at


Landasan Hukum Memegang Tongkat Ketika Berkhutbah

Memegang tongkat termasuk perkara yang dianjurkan bagi seorang khatib dalam khutbahnya, demikian dalam mazhab Imam As Syafi’I dan mazhab imam Malik dan imam Ahmad bin Hanbal.

Dalam kitab Al Umm jil. 1 hal. 272 Al Imam As Syafi’I berkata:

 أحب لكل من خطب – أيَّ خطبة كانت – أن يعتمد على شيء 

“Saya menganjurkan bagi yang menyampaikan khutbah dalam khutbah apapun agar memegang seuatu”. (Al Umm jil 1 hal. 272)

Kesunnahan memegang tongkat dalam khutbah adalah berdasarkan beberapa dalil, diantaranya hadits Al Hakam bin Haznin Al Kulafi:

فَأَقَمْنَا بِهَا أَيَّامًا شَهِدْنَا فِيهَا الْجُمُعَةَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصًا، أَوْ قَوْسٍ، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ

Kami menetap di Madinah beberapa hari menyaksikan pelaksanaan Jumat bersama Rasulullah saw. Beliau Saw berdiri pada hari Jumat bersandar dengan tongkat atau busur panah lalu memuji Allah dan menyanjungNya.[HR. Abu Daud no. 1096. Imam An Nawawi mengatakan bahwa hadits ini hukumnya adalah Hasan. (Al Majmuk 4/526)].

Juga hadits yang terdapat dalam Mushannaf Abdurrazzaq dan Sunan Al Baihaqi:

عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: قُلْتُ لِعَطَاءٍ: ” أَكَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُومُ إِذَا خَطَبَ عَلَى عَصًا؟ قَالَ: ” نَعَمْ، وَكَانَ يَعْتَمِدُ عَلَيْهَا اعْتِمَادًا ” (مصنف عبد الرزاق 3/183 حديث رقم: 5246 ، والسنن الكبرى للبيهقي 3/292 حديث رقم: 5752)

Dari Ibnu Juraij ia berkata: aku bertanya kepada Atha’: Adakah Rasulullah Saw. berdiri ketika menyampaikan khutbah dengan memegang tongkat? Atha’ menjawab: “Benar, beliau benar-benar bersandar pada tongkatnya”.

(HR. Abdur Razzaq dalam Mushannafnya jil. 3 hal. 183, no. 5246, dan Al Baihaqi dalam Sunannya jil. 3 hal. 292, no. 5752).

Dalam kitab Al Hawi al Kabir 2/440 Imam Al Mawardi mengatakan:

وإنما اخترنا له الاعتماد على شيء لرواية البراء بن عازب قال كان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – إذا خطب العيد اعتمد على قوس أو عصا؛ لأن ذلك أمكن لروعه، وأهدأ لجوارحه، وأَمَدُّ لِصَوْتِهِ، فإن لم يفعل وَأَسْدَلَ يَدَيْهِ أو حَطَّهما تحت صدره جاز.

Kita memilih pendapat bersandaran dengan sesuatu berdasarkan riwayat Al Barra’ bin Azib ia berkata adalah Rasulullah Saw. jika menyampaikan khutbah Id beliau bersandar kepada busur atau tongkat, karena hal itu lebih menjamin terjaga dari perasaan ketakutan, lebih menjaga ketenangan anggota tubuhnya, lebih panjang nafas suaranya. Jika tidak ada tongkat maka boleh ia julurkan tangannya atau diletakkan di bawah dadanya.

Dr Wahbah Zuhaili menjelaskan bahwa jumhur ulama berpendapat memegang tongkat dalam khutbah Jum’at adalah sunnah dan menurut Mazhab Maliki adalah mandub.[1]  Dalam al-Um, Imam Syafi’i mengatakan :
“Hendaklah orang yang berkhutbah memegang tongkat atau busur ataupun yang sejenisnya, karena telah sampai kepada kami bahwa Nabi SAW berkhutbah dengan memegang tongkat.”[2]

Imam al-Nawawi mengatakan :
“Sunnah memegang memegang busur, pedang, tongkat atau yang sejenisnya (pada khutbah Jum’at)…dst. Mereka (pengikut Syafi’i) mengatakan, apabila tidak didapati pedang, tongkat atau sejenisnya, maka ditetapkan dua tangannya dengan cara meletakkan tangan kanan atas tangan kiri atau melepaskan keduanya, tetapi tidak menggerak-gerakkan keduanya dan tidak mempermain-mainkan salah satunya. Karena tujuannya itu adalah khusyu’ dan mencegah dari mempermainkan tangan.”[3]

Dalil fatwa ini adalah hadits al-Hakam ibn Hazn r.a. beliau berkata :

وفدت الى النبى صلعم فشَهِدْناَ معه الجُمْعَةَ فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصَا أَوْقَوْسٍ فحمد الله واثنى عليه كلمات خفيفات طيبات مبركات

“Aku diutus kepada Nabi SAW, aku sempat menyaksikan jum’at bersama Nabi SAW. Beliau berdiri dengan memegang atas tongkat atau busur, lalu beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya dengan kalimat-kalimat yang ringan dan baik serta berkah.”(H.R. Abu Daud dan lainnya)

Al-Nawawi menjelaskan bahwa hadits al-Hakam ibn Hazn di atas merupakan hadits hasan riwayat Abu Daud dan riwayat selain Abu Daud yang juga dengan sanad hasan.[4] Ibnu al-Sakn telah mentakhrij hadits ini dalam kitab shahihnya.[5]
Dalam kitab al-Um, Imam Syafi’i juga meriwayatkan :

أَخْبَرَناَ عبد المجيد عَنْ ابن جريج قال قلت لعَطَاءٍ أ كان رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بقوم عَلَى عَصَا  إِذَا خَطَبَ قال نعم كان يعتمد عليها اعتمادا

“Memberitahu Abdul Majid kepada kami dari Ibnu Juraij, beliau berkata, Aku bertanya kepada Itha’ apakah Rasulullah SAW memegang tongkat apabila berkhutbah? Itha’ menjawab : “Ya, benar. Rasulullah memegang tongkat.”[6]

[1] Wahbah al-Zuhailiy, Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Darul Fikri, Beirut, Juz. II, Hal. 293
[2] Syafi’i, al-Um, Dar al-Wifa’, Juz. II, Hal. 409
[3] Al-Nawawi, Majmu’ Syarh al-Muhazzab, Maktabah al-Irsyad, Juz. IV, Hal. 399
[4] Al-Nawawi, Majmu’ Syarh al-Muhazzab, Maktabah al-Irsyad, Juz. IV, Hal. 396-397
[5] Ibnu Mulaqqin, Badrul Munir, Dar al-Hira’, Juz. I, Hal. 508
[6] Syafi’i, al-Um, Dar al-Wifa’, Juz. II, Hal. 409

Hukum Memegang Tongkat bagi Khatib Jum’at Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown